Sunday, December 27, 2015

Hal-hal yang dapat Menyebabkan Mata Minus

Mata minus merupakan penyakit mata yang membuat si penderitanya tidak dapat melihat benda pada kejauhaan tertentu. Setiap orang bisa saja mengalami mata minus, baik orang tua, remaja, bahkan anak-anak. Jika seseorang mengalami mata minus, maka cenderung penyakit ini akan terus bertambah terutama jika masih dalam masa pertumbuhan. Mata minus akan terus bertambah eiring bertambahnya tinggi badan. Hal ini dikarenakan sumbu bola mata yang ikut bertambah panjang.
Penyakit mata minus tentu saja tidak datang begitu saja bukan? Setiap penyakit pasti ada penyebab-penyebab datangnya penyakit tersebut. Penyebab utama mata minus adalah kelengkungan kornea yang lebih pendek serta sumbu bola mata yang terlalu panjang. Kedua hal tersebut dapat diperoleh melalui orang tua atau keturunan. Selain itu, biasanya mata minus dapat terjadi jika seseorang sering beraktivitas dengan melihat jarak dekat terlalu lama, seperti terlalu lama membaca buku atau bermain game di depan komputer ataupun di layar handphone terlalu lama, dan masih banyak lagi.
Biasanya mata minus terjadi jika kita sering berkerja atau melihat sesuatu dengan jarak dekat terlalu lama. Ketika ini terjadi otot di mata kita yang mengatur fokus mata akan terbiasa dengan kondisi seperti ini. Menggunakan kacamata untuk mengkoreksi mata minus akan memaksa otot mata Anda untuk terbiasa dengan kondisi yang tidak normal sehingga dapat membuat mata minus semakin parah ketika anda tetap melalukan pekerjaan rutin secara dekat.
Selain Penyebab Genetika/Keturunan, ada beberapa penyebab mata minus terjadi. Berikut adalah hal-hal yang dapat menurunkan kemampuan mata.
Penyebab Mata Minus :
1.       Pola makan yang tidak sehat merupakan salah satu faktor penyebab menurunnya kemampuan mata yang mengakibatkan mata minus. Asupan gizi haruslah seimbang untuk mencegah terjadinya mata minus.
2.       Mengonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet apa menyebabkan menurunnya kemampuan mata untuk melihat jarak jauh.
3.       Terlalu banyak di depan layar komputer dapat menyebabkan otot mata menjadi lelah dan menjadikan otot mata susah mengatur fokus.
4.       Terlalu lama membaca dengan jarak yang dekat membuat otot mata menjadi letih.

Banyak orang yang mengira bahwa menggunakan kacamata merupakan jalan terbaik untuk mengurangi mata minus ataupun untuk mencegah bertambahnya mata minus. Namun hal tersebut merupakan salah besar, perlu diketahui bahwa menggunakan kacamata akan memaksa otot mata untuk terbiasa dengan kondisi tidak normal sehingga dapat membuat mata minus semakin parah ketika selalu digunakan dan tetap melakukan pekerjaan rutin secara dekat.
Demikianlah penyebab-penyebab mata minus yang sering terjadi dan menimpa setiap orang. Sebaiknya kita hindari atau mengatur hal-hal tersebut agar dapat mencegah terjadinya mata minus. Pada post selanjutnya saya akan membahas tentang mencegah terjadinya mata minus.

No comments:

Post a Comment